FOLLOW US                                              

Surveyor Indonesia Kerjakan Proyek Sertifikasi Disnaker

PT Surveyor Indonesia (Persero) Cabang Surabaya mengerjakan proyek Sertifikasi Disnaker dan Hubla untuk 88 unit peralatan pelabuhan di PT Terminal Teluk Lamong, Surabaya. PT Terminal Teluk Lamong, anak perusahaan Pelindo III, merupakan terminal operator yang mengedepankan pelayanan dengan fasilitas berteknologi tinggi mengusung konsep “The First Green Port in Indonesia”.

Sistem yang diterapkan oleh terminal ini sudah meningkatkan daya saing nasional dan internasional di tengah persaingan global yang menuntut pelayanan jasa pelabuhan lebih efisien. Penerapan sistem waiting time memberikan kepastian sandar kapal lebih cepat. Kemudahan keluar dan masuknya barang semakin memikat importir dan eksportir dalam memanfaatkan semua layanan di Terminal Teluk Lamong.

Keberadaan terminal modern semi otomatis ini juga seiring dengan tantangan meningkatnya volume angkutan food grain di Indonesia. Karenanya, pembangunan terminal untuk mendorong pemerataan pertumbuhan distribusi logistik yang selama ini masih terpusat di barat Indonesia. Di sisi lain, Pelabuhan Tanjung Perak semakin sibuk sehingga mendorong pembenahan menyeluruh.

Kelebihan arus peti kemas, curah cair, curah kering, dan general cargo bisa langsung diarahkan ke Terminal Teluk Lamong. Memang tak bisa dimungkiri bahwa potensi ekspor dan impor berbagai produk curah kering terus meningkat. Sementara itu, kapasitas pelabuhan semakin terbatas. Padahal terdapat 11 di antara 17 perusahaan pelayaran berpusat di Surabaya yang memanfaatkan 33 rute pelayaran peti kemas domestik dan internasional dari dan ke pelabuhan terbesar kedua di Indonesia tersebut.

PT Surveyor Indonesia (Persero) Cabang Surabaya telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan PT Teluk Lamong dan pada akhirnya mengerjakan survey dalam proyek Sertifikasi Disnaker dan Hubla untuk 88 unit peralatan pelabuhan sejak Desember 2017 lalu.

Kepala Cabang Surabaya, Darmansyah Lubis, mengatakan masih banyak potensi pekerjaan yang dapat dilakukan Surveyor Indonesia di PT Terminal Teluk Lamong ini. Ia berharap dengan proyek awal sertifikasi ini, PT Terminal Teluk Lamong dapat merasa puas dengan layanan yang diberikan dan memberi kepercayaan kepada Surveyor Indonesia ke depan untuk mengerjakan proyek lainnya.

“Sinergi BUMN dengan anak perusahaan BUMN akan sangat menguntungkan dan tentunya memberikan nilai positif serta kontribusi nyata membangun negeri,” ujar Darmansyah. Ia menegaskan, Cabang Surabaya siap membantu PT Terminal Teluk Lamong dalam proses kegiatan logistik yang tentunya membutuhkan pihak ketiga yang independen dalam pelaksanaannya.