FOLLOW US                                              

Sinergi BUMN Cerdaskan Anak Bangsa

 

Dua puluh peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Maluku Utara di Provinsi Bali diajak mengenal kearifan budaya lokal dan sistem pendidikan melalui berbagai kegiatan dan kunjungan.

Peserta SMN mendapatkan pengetahuan mengenai sistem pendidikan di Bali dari Dinas Pedidikan dan wawasan mengenai sosial budaya, pariwisata Provinsi Bali yang disampaikan oleh Dinas Pariwisata. Selain itu, siswa juga medapatkan pengetahuan mengenai BUMN secara umum dan tiga BUMN PIC dan Co PIC di Provinsi Bali yaitu: PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Surveyor Indonesia (Persero), dan PT Indonesia Tourism Development Corporation (Persero).

Para siswa juga dapat melihat langsung keseharian masyarakat Bali melalui orang tua asuh di mana mereka tinggal selama berkegiatan di Bali.

Berbagai kegiatan variatif diikuti mulai dari memasak kuliner Bali dengan bumbu khas Bali di Sujana Homestay, mengenal tari Bali melalui dua kali pertemuan di Sanggar Buana Aga, memainkan alat musik tradisional, Gamelan Rindik, yang langsung diajarkan di Sanggar Seni Siadja Gallery serta mencoba kegiatan memahat bersama penduduk desa.Siswa juga diberi pengetahuan mengenai sistem irigasi Subak di Bali yang terkenal dengan hamparan sawahnya.

Siswa SMN pun mendapatkan kesempatan untuk melakukan kunjungan ke Jalan Tol Bali Mandara yang dioperasikan oleh Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jasamarga Bali Tol (JBT) untuk melihat kemegahan karya anak bangsa dalam membangun jalan tol di laut tanpa merusak ekosistem laut.

Kunjungan dilanjutkan dengan kegiatan pemberian informasi mengenai pengembangan dan pengelolaan kawasan pariwisata terpadu oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), di the Nusa Dua, destinasi pariwisata kelas dunia yang dibangun dan dikelola oleh ITDC.

Selain itu, para peserta SMN juga melihat langsung proses pembelajaran dan sistem pendidikan di Universitas Udayana yang mempunyai jumlah mahasiswa mencapai 24.500 mahasiswa lokal dan asing.

Dalam kunjungannya ke Universitas Udayana, peserta SMN disambut oleh Kepala Bagian Pendidikan I Nyoman Supangat dan Kasubbag Sarana Pendidikan, Budiastrawan. “Kami menyambut baik kedatangan teman-teman dari Maluku Utara baik siswa maupun perwakilan dari Dinas Pendidikan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pendidikan di Universitas Udayana. Kami memiliki kelas reguler dan non reguler, dari jenjang S1, S2 dan S2 yang menempati peringkat ke 3 Nasional,” ujar I Nyoman Supangat, dalam sambutannya.

Dirman H. Korma, salah satu peserta SMN Tahun 2017 dari Maluku Utara merasa sangat bangga dan bersyukur mengikuti kegiatan SMN yang diselenggarakan oleh BUMN, “Dengan adanya kegiatan SMN ini, secara pribadi saya merasa tidak hanya mengenal Bali, namun mengenal Indonesia yang seutuhnya. Berkat BUMN, saya dapat melihat tanah pertiwi yang lebih luas lagi, terima kasih BUMN.”

Program Siswa Mengenal Nusantara bertujuan untuk mewujudkan rasa nasionalisme sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara. Program yang berlangsung mulai dari tanggal 16 s.d. 24 Juli 2017 merupakan program pertukaran pelajar setingkat SMA dan Sederajat, yang merupakan bagian dari rangkaian program BUMN Hadir untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan dilaksanakan oleh BUMN. Para siswa dibekali dengan pendidikan, pariwisata, sosial budaya, dan entrepreneurship.