FOLLOW US                                              

Sinergi BUMN-BUMD : Surveyor Indonesia Susun Dokumen AMDAL Kawasan Terpadu Kertajati Aerocity

PT Surveyor Indonesia (Persero) cabang Batam saat ini sedang  melakukan penyusunan dokumen AMDAL Kertajati Aerocity.  Kertajati Aerocity adalah kota bandara di kecamatan Kertajati kabupaten Majalengka pada lahan seluas 3.480 Ha untuk mendukung aktifitas Bandara International Jawa Barat.  Kawasan Kertajadi Aerocity di kelola oleh PT. BIJB Kertajati Aerociy yang merupakan anak perusahaan PT. BIJB, BUMD Provinsi Jawa Barat, selalu pengelola Bandara Internasional Kertajati.

 

Pengembangan kota bandara (Aerocity) merupakan konsep property masa depan, yang diharapkan dapat menjawab masalah pertumbuhan bisnis, industri, ekspedisi, logistik dan hunian yang terkait dengan operasional bandara.

 

Pengembangan Kawasan Kertajati Aerocity ini terbagi menjadi 6 cluster, yaitu : Aerospace Park, Logistic, Energy Center, Business Park, Creative Technology Center dan Residential/Township sesuai dengan UU 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Pasal 22 ayat (1) : “Setiap usaha dan/atau kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan hidup wajib memiliki Amdal” dan Permen LH No. 5 tahun 2012 tentang Usaha dan/atau Kegiatan yang Wajib Memiliki Amdal, sehingga pembangunan kawasan Kertajati Aerocity tergolong wajib Amdal.

Dampak penting yang diprakirakan akan timbul antara lain banjir, penurunan kualitas udara, kebisingan, bangkitan lalulintas, peluang kerja dan usaha bagi masyarakat dan dampak sosial akibat pembebasan lahan.

 

Igit Patnowati, Kepala Cabang SI Batam mengatakan Surveyor Indonesia berperan aktif sebagai penyusun AMDAL karena Surveyor Indonesia adalah lembaga yang teregistrasi sebagai LPJP AMDAL.  Dengan keterlibatan ini, diharapkan peran PT SI sebagai pengelolaan lingkungan berkelanjutan semakin meningkat, ucapnya.

 

Kedepan seiring dengan pembangunan baik bandara yg bertaraf Internasional yang akan mulai beroperasi tahun 2018 serta pembangunan konstruksi Kertajati Aerocity ditahun yang sama tentunya peluang kerjasama lebih luas bisa dilakukan oleh Surveyor Indonesia. AMDAL merupakan pembuka jalan kearah tersebut. (TK/Awl/Sn)