FOLLOW US                                              

PT Surveyor Indonesia (Persero) Bina UMKM Dapat Sertifikat TKDN Untuk Pulihkan Ekonomi Indonesia Pasca COVID-19

JAKARTA, (07/09/21) – PT Surveyor Indonesia (Persero) melakukan pembinaan untuk para UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) agar mereka mendapat Sertifikat TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sebagai salah satu bentuk meningkatkan percepatan ekonomi nasional.

“Sertifikat TKDN memudahkan UMKM binaan BUMN mendapat proyek pemerintah dan memperluas akses di PaDi (Pasar Digital),” ujar Rosmanidar Zulkifli, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Surveyor Indonesia pada Program Acara Kelas SIC (Surveyor Indonesia Certification), di Hotel Morrisey, Jakarta, pada Selasa, 7 September 2021.

Lebih lanjut, Rosmanidar mengatakan, “Melalui sertifikasi TKDN,  para UMKM dapat mengembangkan usaha karena dapat ikut kegiatan pengadaan di lingkungan Pemerintah maupun BUMN di seluruh Indonesia, seperti tender APBN dan masuk pasar digital nasional.”

Hal ini berkat sosialisasi yang secara massif dilakukan oleh BUMN untuk sertifikasi TKDN memberikan banyak manfaat pada UMKM.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Asisten Deputi TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) Kementrian BUMN Agus Suharyono mengatakan, “Kita perlu melakukan pendampingan, pembinaan, penguatan kapasitas untuk UMKM yang di bawah binaan BUMN.”

Agus berharap dengan ada program Sertifikasi TKDN maka UMK binaan BUMN akan naik kelas. “Semoga mitra UMK binaan BUMN semakin membaik dan berkualitas.”

Dalam acara tersebut dipaparkan Skema Pemberdayaan yang meliputi kemudahan pembiayaan, kemudahan rantai akses pasok, kemudahan akses tempat usaha, kemudahan akses pasar, dan pendampingan UMKM.

#BUMNUntukIndonesia

#SurveyorIndonesia

#YourTrustedPartnerforAssurance