FOLLOW US                                              

Penandatanganan MOU Surveyor Indonesia dan Universitas Brawijaya

Manajemen PT Surveyor Indonesia (Persero) menandatangani Memorandum of Understanding dengan Universitas Brawijaya. MOU dilakukan dalam rangka membangun kerjasama dalam kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian ke masyarakat dan kerjasama untuk pengembangan lembaga pemeriksa halal.

Penandatanganan dilakukan di Universitas Brawijaya dan ditandatangani oleh Bambang Isworo Direktur Operasi PT SI dengan Prof. DR. Ir. Mohammad Bisri, MS Rektor Universitas Brawijaya dan dihadiri oleh Nur Fajariah Siregar Kabid Pemberdayaan Ummat Kemenko Pembangunan Manusia & Kebudayaan (PMK), Anjar Niryawan Kepala Sektor Bisnis Penguatan Institusi dan Kelembagaan PT SI, dan Darmansyah Lubis Kepala Cabang SI Surabaya.

Alhamdulillah hari ini kita sudah lakukan tandatangan MOU dengan Universitas Brawijaya yang memiliki peralatan dan fasilitas laboratorium uji halal terlengkap se Indonesia, kata Bambang Isworo.

Tuntutan produk halal sudah menjadi trend setter bagi masyarakat international dan Indonesia sudah menjadi destinasi pariwisata halal untuk menarik wisatawan muslim dunia, dan menghadapi hal tersebut Surveyor Indonesia hadir, ujar Bambang Isworo.

“Selain itu, saat ini ada sekitar 58 ribu jenis produk makanan yang tidak tertangani sertifikasi halal baik makanan lokal dan impor serta setiap tahunnya ada ratusan produk jenis makanan yang terproduksi”, tambahnya.

PT SI menjalin kerjasama dengan Universitas Brawijaya karena melihat komitmen Universitas Brawijaya terhadap penjaminan produk halal yang telah lama dilakukan dengan infrastruktur laboratorium uji coba produk halal serta SDM Universitas Brawijaya yaitu dosen dan mahasiswa yang menjadi kader jaminan produk halal. Di tahun 2016 Universitas Brawijaya juga telah menjadi pioneer kantin halal dan thoyib di Indonesia.

MOU ini merupakan bentuk peran PT SI sebagai BUMN dalam rangka mendukung implementasi Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal dan juga akan memperkuat kompetensi PT SI dalam melakukan pemeriksaan produk halal. (Humas/Sn)