FOLLOW US                                              

Palapa Ring Barat : Pemasangan Kabel Serat Optik Bawah Laut Dimulai

06082017, Direktur PT Surveyor Indonesia M. Arif Zainuddin menghadiri acara Seremoni Penggelaran Kabel Serat Optik Laut Proyek Palapa Ring Paket Barat. Acara yang dihadiri oleh Menteri Kominfo, Gubernur Kepulauan Riau, Direktur Utama Palapa Ring Barat, Kemenkeu Direktur PDPPI dan undangan lainnya dilaksanakan di Pelabuhan PT Ninda Pratama Vriesindo17 Kota Batam Riau.

Seremoni ini menandai pemasangan kabel serat optik bawah laut dalam proyek Palapa Ring Barat resmi dimulai. Pembangunan tersebut rencananya akan dilakukan dalam dua tahap pengerjaan.

Tahap pertama, total panjang kabel serta optik bawah laut yang digelar adalah sekitar 1.242 km. Kabel ini bakal meliputi segmen Tanjung Bembam Batam – Tarempa (sepanjang 369 km); segmen Tarempa – Ranai (322 km); segmen Ranai – Singkawang (352 km); dan segmen Sekanah Daik Lingga – UQJ Bintan Tanjung Bembam (199 km).

Selanjutnya tahap kedua adalah pembangunan kabel serat optik bawah laut dari Batam – Karimun – Tebing Tinggi – Bengkalis – Siak serta segmen Daik Lingga – Kuala Tungkal.

PT Surveyor Indonesia (Persero), badan usaha milik negara yang bergerak dalam bidang survey, inspeksi, dan konsultasi, dan telah mendapat penunjukan sebagai Konsultan Pengawas Independen Proyek Palapa Ring.

Palapa Ring merupakan program yang menghubungkan seluruh ibu kota kabupatan/kota dengan kabel optik  terutama untuk daerah yang saat ini belum dijamah dengan Internet berkecepatan tinggi. (Humas/Sn)