FOLLOW US                                              

MDP: Kembangkan Talenta BUMN Berkinerja Unggul

 

Jakarta—Deputi Infrastruktur Bisnis Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Hambra menjadi pembicara dalam Leader’s Talk Management Development Program PT Surveyor Indonesia (Persero) (MDP PTSI) didampingi oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan PTSI, Dian M.Noer, Senin (30/4/2018).

Dalam paparannya, Hambra membahas tuntas Program Integrated Talent Management System (ITMS) yang digagas Kementerian BUMN untuk mempersiapkan, mengembangkan dan meretensi talenta untuk mengisi posisi strategis di BUMN.

Seiring dengan perkembangan dunia bisnis saat ini, salah satu hal terpenting adalah menciptakan talenta-talenta perusahaan yang dapat melakukan terobosan bisnis, menjaga sustainability bisnis perusahaan untuk jangka panjang dan menjadikan perusahaan sebagai perusahaan yang unggul di bidangnya. Untuk itu, perlu mempersiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia di BUMN secara profesional melalui suatu talent management system yang terintegrasi.

“ITMS ini menyiapkan talent agar berkinerja unggul pada masa kini dan di masa yang akan datang sejalan dengan visi, misi, serta sistem nilai BUMN,” ujar Hambra. ITMS ini lanjutnya merupakan jawaban dari roadmap BUMN sebagai agen pembangunan dan penciptaan nilai di mana didalamnya membutuhkan kapasitas SDM dan produktivitas.

Saat ini, KBUMN telah membuat aplikasi ITMS yang memungkinkan kementrian BUMN untuk memiliki helicopter view terhadap jumlah, profil, dan minat talent dari semua BUMN secara real time. “ITMS memiliki fitur pencarian Talent BUMN sesuai dengan parameter yang diinginkan dan melakukan komparasi terhadap profil dan track record mereka,” jelasnya.

Melalui program ITMS ini diharapkan terwujud ketersediaan dan kesiapan talenta BUMN untuk setiap suksesi di BUMN agar terjaga sustainable growth BUMN, dan untuk jangka panjang diharapkan akan menjadi sumber talent nasional. Untuk menunjang kesuksesan implementasi ITMS, Hambra meminta agar setiap BUMN membangun dan menjalankan fungsi talent management secara profesional.

“Setiap penempatan pegawai menjadi pejabat pada setiap level di bawah Direksi dilakukan melalui pendekatan professional berdasarkan potensi, kompetensi, rekam jejak dan daya tahan terhadap tantangan serta daya juang,” tegasnya.

Dian M. Noer menjelaskan bahwa saat ini PTSI telah mengembangkan SI Talent Management System dan memasuki tahap pengembangan pegawai melalui Management Development Program setelah sebelumnya melakukan seleksi. “Melalui proses MDP diharapkan PTSI memiliki Future Leader yang berkinerja tinggi, kompeten, inovatif dan memiliki integritas tinggi yang akan meningkatkan daya saing PTSI,” tegasnya.

Hambra menutup paparannya dengan menyampaikan profil kepemimpinan yang dibutuhkan oleh BUMN seperti yang diungkapkan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, “Pemimpin di BUMN tidak hanya harus memiliki intuisi bisnis yang tajam tetapi juga pro kerakyatan serta berwawasan global.”

Pengelolaan korporasi BUMN yang modern memerlukan profil kepemimpinan yang berkarakter kuat, bersih, dan mengedepankan nurani. Kepemimpinan yang visioner, profesional dan memiliki wawasan kebangsaan pemimpin. “Jadilah pemimpin dunia cita rasa Indonesia,” tegas Hambra.