FOLLOW US                                              

Konsinyering Penyusunan KPKU : Target tingkatkan Skor

Agustus 2017 – Bertempat di Harris Hotel, Tim Penyusun Laporan Implementasi KPKU (Kriteria Penilaian Kinerja Unggul) PT Surveyor Indonesia (Persero) mengadakan konsinyering untuk penyusunan laporan KPKU tahun 2017.

Tim Pembuat Laporan KPKU dibawah kordinasi DP3SO merupakan tim yang ditetapkan oleh Direksi melalui SKD-007/DRU-IV/DSDM/2016 dimana tugas dari tim menindaklanjuti temuan OFI (Opportunity For Improvement) tahun lalu dan melakukan penyusunan laporan KPKU perusahaan tahun berjalan.

KPKU merupakan landasan dan referensi dalam pengelolaan BUMN menuju pencapaian kinerja unggul.  KPKU juga dapat dijadikan sebagai alat untuk pelaksanaan self-assessment  BUMN dan pemberian umpan balik kepada masing-masing BUMN. Selain itu, KPKU memiliki tiga peran penting dalam memperkuat daya saing BUMN, yaitu membantu memperbaiki kapabilitas dan kinerja BUMN, baik finansial maupun non finansial, serta memfasilitasi komunikasi dan berbagi informasi mengenai praktik-praktik terbaik dan juga berfungsi sebagai alat kerja untuk memahami dan mengelola kinerja dan untuk memandu perencanaan serta pembelajaran organisasi.

PT Surveyor Indonesia (persero)  telah melakukan evaluasi kinerja berbasis KPKU sejak tahun 2012 sesuai ketetapan Kementerian BUMN.  Dan untuk Tahun 2017, assesment KPKU PT SI akan dilakukan dalam waktu dekat oleh Tim Evaluator Kementerian BUMN.

Kriteria yang dinilai dalam assessment KPKU adalah kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus pelanggan, pengukuran analisis dan pengelolaan pengetahuan, fokus pada tenaga kerja, tenaga kerja serta pengukuran hasil usaha.  Ujung dari penilaian KPKU adalah untuk menentukan langkah bagaimana perusahaan agar memiliki daya saing yang tinggi, sebagai bentuk evaluasi perusahaan dan cara menilai kekuatan internal.

Hasil atas evaluasi implementasi KPKU PTSI selama 4 tahun terakhir terus menunjukkan peningkatan kinerjanya dengan skor 537.25 untuk tahun 2016,  yang artinya perusahaan berada pada level “Good Performance”.  Pencapaian ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya di tahun 2015 dengan skor 473.75 di level “Early Improvement”.  Semoga peningkatan skor ini dapat meningkatkan komitmen seluruh pegawai PT SI untuk berinovasi dan meningkatkan kinerjanya untuk bersaing dengan perusahaan lain.

(Humas/SN)