FOLLOW US                                              

Knowledge Sharing – Survey dan Inspeksi Teknis Berbasis Mobile Application

PT Surveyor Indonesia (Persero) secara berkala menyelenggarakan knowledge sharing untuk meningkatkan kompetensi para pegawainya demi menjaga kualitas pelayanan yang diberikan. PTSI kembali mengadakan Knowledge Sharing dengan tema “Survey dan Inspeksi Teknis Berbasis Mobile Application: Pemanfaatan Drone di Bidang Argo”. Sebagai pembicara pada acara ini Ahli Utama Divisi Pengembangan Bisnis, Ady Susanto dan dibuka oleh Kepala DP3SO, Imam Dasuki.

Pemanfaatan aplikasi adalah sebuah skema baru dalam proses survey dan inspeksi di lapangan, khususnya di bidang Teknologi Informasi (TI). Lingkup layanan yang diberikan pun terbilang masih kecil yaitu seputar konektivitas dan bandwith; pemantauan jaringan, keamanan, virtualisasi, dan pemulihan bencana; manajemen infrastruktur; serta penyimpanan, desktop dan komunikasi, mobilitas, help desk, dan dukungan teknis, dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan.

Sebagai studi kasus dibahas mengenai pemanfaatan drone di bidang argo. Penggunaan drone dianggap dapat memberikan kemudahan secara operasional. Lain halnya dengan penggunaan satelit yang memakan waktu lama serta proses pengoperasian yang tidak ringkas. Kualitas gambar yang dihasilkan pun jauh lebih baik ketimbang satelit. Hal ini jelas meningkatkan tingkat keakurasian foto dan kemudahan dalam melakukan asesmen.

Berdasarkan Knowledge Sharing dari Adi Susanto diharapkan dapat memberikan insight kepada perusahaan menghadapi era digital yang serta instan, cepat dan transparan menggantikan era ekonomi konvensional.