FOLLOW US                                              

Knowledge Sharing – Peran PT Surveyor Indonesia sebagai Konsultan Pengawas Independen (KPI) Pada Proyek Palapa Ring

Divisi Perencanaan, Perusahaan, Pengembangan, Sistem Mutu K3LL dan Organisasi (DP3SO) kembali mengadakan kegiatan Knowledge Sharing yang rutin diadakan setiap minggu pada hari Selasa. Kali ini tema yang diangkat “Peran PT Surveyor Indonesia (Persero) (PTSI) sebagai Konsultan Pengawas Independen (KPI) Pada Proyek Palapa Ring” yang disampaikan oleh Hartowo, Kepala Bagian Operasi Divisi Bisnis Infrastruktur.

Proyek Palapa Ring merupakan upaya pemerintah dalam membangun ketersediaan layanan jaringan serat optik yang menghubungkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Dana palapa ring berasal dari para penyedia jasa layanan telekomunikasi yang disetorkan kepada pemerintah kemudian dikembalikan untuk menjadi proyek Palapa Ring.

Hartowo menjelaskan, Proyek Palapa Ring terbagi menjadi tiga fase, yaitu: desain, konstruksi, operasi dan perawatan. Pada fase desain, PTSI melakukan engineering design berdasarkan data desktop dan survey lapangan. Pada fase konstruksi, PTSI berfungsi untuk mengawasi dan memeriksa perkembangan proyek agar sesuai dengan jadwal. Lalu di fase terakhir, PTSI berfungsi untuk mengawasi, memantau, dan memeriksa pengoperasian dan pemeliharaan fasilitas dan pemenuhan indikator kinerja utama.

Pada kegiatan ini, peserta mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai proyek Palapa Ring dan manfaatnya bagi PTSI, lebih luas lagi bagi Indonesia.