FOLLOW US                                              

Knowledge Sharing – Bagaimana Astra Mengelola Inovasi Organisasi

Bertempat di Lounge Graha Surveyor Indonesia lantai 4, DP3SO kembali menggelar Knowledge Sharing dengan tema “Bagaimana Astra Mengelola Inovasi Organisasi” yang dibawakan oleh Djusep Sukriatno, Kepala Sektor Bisnis Migas dan Sistem Pembangkit.

Knowledge Sharing merupakan salah satu pilar utama manajemen pengetahuan. Kegiatan ini diaktifkan kembali oleh DP3SO minimal 2 minggu sekali. “Setiap pegawai khususnya marketer dapat memanfaatkan kegiatan ini karena penuh dengan pengetahuan mengenai proyek-proyek perusahaan sehingga dapat menambah wawasan pada saat bertemu klien, ” ujar Imam Dasuki, Kepala DP3SO membuka acara.

Djusep mengatakan setiap individu di PT SI harus siap menerima tantangan, kegagalan bukan menjadi penghambat. “Belajar bisa dari mana saja termasuk dari keberhasilan PT Astra, raksasa otomotif yang memiliki lebih dari 200 anak perusahaan yang menyokong industri utamanya dari hulu ke hilir,” tegasnya.

Djusep menambahkan, inovasi menjadi kunci utama PT Astra untuk terus mengembangkan bisnis berkelanjutan agar mendapatkan pangsa pasar yang baru. Inovasi tak sekedar ide, melainkan perpaduan antara kreativitas dan aksi. “Tanpa inovasi yang baik sebuah perusahaan tidak akan selamanya berada di atas. Inovasi adalah harga mati,” tegasnya.

Inovasi yang berkelanjutan mewujudkan kinerja perusahaan yang baik. Karena itu, sejak tahun 1980 Astra telah melaksanakan sebuah kompetisi InnovAstra sebagai wujud apresiasi bagi para inovator di Grup Astra. Inovasi yang meliputi inovasi brand, layanan, customer engagement, network, struktur serta process innovation.

Pembelajaran lainnya dari PT Astra adalah konsisten, namun tetap waspada dan selalu melibatkan seluruh komponen organisasi. Setiap langkah yang dilakukan Astra harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan filosofi yang mereka pegang yaitu “Menjadi milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”.

Selain itu Astra juga membangun kultur yang tidak saling menyalahkan. “Dalam budaya Astra, mempromosikan keterbukaan ilmu pengetahuan menjadi hal penting untuk saling dibagikan, ” ujar Djusep menutup acara Knowledge Sharing.