FOLLOW US                                              

Knowledge Management : Combating Bribery In Indonesia

Tim Knowledge Management dari Divisi Perencanaan Perusahaan Pengembangan Sistem Mutu K3LL dan Organisasi (DP3SO) PT Surveyor Indonesia (Persero) secara kontinyu mengadakan acara pengembangan diri karyawan melalui program Knowledge Sharing atau Sharing Session.  Lewat program ini karyawan mendapat kesempatan untuk belajar dari orang lain yang memiliki pengetahuan, pengalaman, maupun keahlian yang dibutuhkan.

Sharing session kali ini Tim KM menghadirkan Pauline Arifin dari PT Mitra Juang Indonesia  yang telah lama bekerja di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).  Acara bertajuk “Combating Bribery in Indonesia” ini dihadiri oleh Kepala Sektor Bisnis Mineral & Batubara Muchlison Masudi, Sekretaris Perusahaan Ponky L. Kardono, Kepala Satuan Pengawasan Intern Widiani, Kepala Divisi Manajemen Fasilitas Ajat Jatnika beserta kepala bagian dari unit lainnya.

Negari K. Adi, Kepala DP2K3SO yang membuka sharing session ini  mengatakan acara dilaksanakan untuk menyikapi peraturan pemerintah yang baru yaitu peraturan yang mengatur setiap perusahaan dan lembaga-lembaga untuk melakukan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Penyuapan.

SNI ISO 37001 merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 10 tahun 2016  tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi tahun 2016 dan 2017.   Salah satu fokus dalam Inpres tersebut ialah tata kelola badan usaha milik negara (BUMN) dan swasta, dimana Badan Standardisasi Nasional (BSN) bertanggung jawab menginisiasi upaya sertifikasi anti korupsi.

Selesai pemaparan dari Pauline Arifin mengenai tantangan pemberantasan korupsi di Indonesia dan upaya yang dilakukan untuk terus memperkuat optimisme masyarakat memerangi korupsi, acara dilanjutkan dengan pemaparan mengenai ISO 37001 dari Euis E. Noor, Ahli Utama DP3SO.

Euis menjelaskan bahwa SNI ISO 37001 merupakan adopsi dari  ISO 37001 yang memberikan persyaratan dan panduan untuk membangun, menerapkan, memelihara dan memperbaiki sistem manajemen anti penyuapan.

Selesai pemaparan acara ditutup dengan foto bersama dan bagi yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai sharing Pauline Arifin tapi tidak dapat hadir, dapat mendownload buku saku mengenai korupsi di https://www.kpk.go.id/gratifikasi/BP/buku_saku_korupsi.pdf (Humas/Sn)