FOLLOW US                                              

Jelaskan 5 Program Prioritas Nasional, BUMN Hadir di Kampus Undana

Bisnis.com, KUPANG — Kampus merupakan bagian penting dari generasi bangsa yang diharapkan mampu mengubah bangsa ini menjadi lebih baik, adil, makmur, dan sejahtera.

Terkait hal itulah Kementerian BUMN menggelar kuliah umum serentak di 28 perguruan tinggi sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10/2017).

Direktur Utama PT Surveyor Indonesia (Persero) M. Arif Zainuddin yang mendapat jatah mengajar di Universitas Nusa Cendana, Kupang memanfaatkannya dengan menjelaskan program prioritas nasional BUMN.

“Kami harapkan mahasiswa memahami fungsi dan peran BUMN dalam pembangunan agar kelak setelah terjun di dunia kerja mereka bisa bergabung atau paling tidak jika berkareir si tempat lain bisa bekerja sama dengan BUMN,” katanya.

Arif menjelaskan lima program prioritas nasional BUMN yakni meningkatkan konektivitas antarwilayah melalui pengembangan pelabuhan yang menjadi program tol laut; pengembangan kapasitas bandara dan penambahan rute; pembangunan jalan tol dan pengembangan jalur kereta api.

Kedua meningkatkan ketahahan energi melalui pembangunan kilang bahan bakar untuk mencukupi kebutuhan BBM dalam negeri. “BUMN ingin merealisasikan kebijakan BBM satub harga,” ujarnya.

Ketiga, mendorong elektrifikasi dengan membangun infrastruktur kelistrikan seperti pembangkit, transmisi, dan gardu induk. Keempat, memperkuat ketahanan pangan dengan memastikan ketersediaan logistik kebutuhan pokok, harga stabil dna terjangkau, dan kualitas yang baiki.

Kelima di bidang perbankan dan jasa keuangan, BUMN menjalankan program inklusi keuangan melalui penyaluran dan penjaminan KUR untuk UMKM.

Direktur Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara PT PLN Djoko Abumanan menyampaikan materi seputar peran BUMN menerangi bumi Nusantara dan dorong akses informasi melalui digitalisasi. Ia menjelaskan pembangunan jaringantulang punggung dan jaringan akses infrastruktur digital untuk embangun ekonoimi digital termasuk UMKM agar bisa mengakses market place.

Kata dia salah satu pemberdayaan ekonomi kerakyatan adalah melalui Rumah Kreatif BUMN yang merupakan wadah bagi langkah kolaborasi BUMN membentuk ekosistem ekonomi digital melalui pembiayaan serta meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM. Hingga September 2017 telah dibangun 176 Rumah Kreatif BUMN di seluruh Indonesia.

Rektor Undana Prof. Fredrik Lukas Benu, Direktur Utama PT Perusahaan Pengelolaan Aset Saiful H Manan, dan Deputi Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN/Komisaris PLN Aloysius K. Ro juga menyampaikan materi seputar perekonomian Indonesia pencapaian dan tantangan ke depan di hadapan 1.050 mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut, ketiga BUMN menyerahkan bantuan corporate social responsibility (CSR) berupa pohon penghijauan dari PT Surveyor Indonesia, beasiswa dari PT PLN, dan laptop dari PT Perusahaan Pengelolaan Aset .