FOLLOW US                                              

Inhouse Training Ahli K3 Umum Tingkat Muda di SIPAL

PT Surveyor Indonesia (Persero) Cabang Palembang (SIPAL) bekerja sama dengan PT Adhikriya Kualita Utama menggelar Inhouse Training Ahli K3 Umum Tingkat Muda dengan sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang diikuti oleh 15 orang pegawai SIPAL. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pegawai mengenai keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sekaligus meningkatkan kompetensi mutu pelaksanaan proyek.

Dalam melaksanakan pekerjaan, aspek K3 memegang peranan penting agar semua pihak bisa berkomitmen untuk mencegah terjadinya insiden di lingkungan kerja seperti kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja dan pencemaran lingkungan.

“Diharapkan kesadaran K3 bisa dimulai dari diri sendiri dengan cara patuh kepada peraturan. Karyawan harus memiliki kepedulian untuk meningkatkan penerapan K3 dalam bekerja, sehingga resiko bahaya bisa dihindarkan.” ujar Kepala Cabang Palembang, Andy Ridwan.

Peserta secara berkelompok belajar membuat Job Safety Analysis (JSA) untuk mengidentifikasi potensi bahaya dan resiko yang ada di tempat kerja. Diharapkan, peserta dapat mempersiapkan tindakan pencegahan dan APD (Alat Pelindung Diri) yang tepat, memahami prosedur izin kerja, serta membuat laporan kecelakaan kerja.

Pada hari ketiga, dilaksanakan ujian sertifikasi kompetensi keahlian K3 dengan assessor dari LSP-K3 Indonesia bertindak sebagai penguji. Hasilnya, seluruh peserta dinyatakan lulus. Sertifikasi tersebut mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) K3 Nomor KEP.42/MEN/III/2008 dan SKKNI No. KEP.248/MEN/V/2007. Dengan diselenggarakannya pelatihan ini diharapkan penerapan K3 di SIPAL menjadi lebih baik.