FOLLOW US                                              

INDUSTRI TERKAIT

Mineral dan Batubara

Mineral dan Batubara merupakan salah satu komoditas andalan Indonesia yang memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi pendapatan negara.  Berlimpahnya sumber mineral dan batubara di Indonesia membuat banyak investor yang menanamkan modal di bidang ini, serta meningkatkan perdagangan komoditas ini, baik perdagangan antar pulau maupun antar negara.  

Dengan berkembangnya perdagangan ini, maka seluruh pihak yang terlibat membutuhkan pemastian kuantitas maupun kualitas dari hasil mineral pertambangan ini serta memastikan kesesuaiannya terhadap regulasi pemerintah, standar, serta spesifikasi yang berlaku.

PTSI membantu pelaku usaha agar mendapatkan kepastian tentang kuantitas dan kualitas bahan mineral, serta membantu pelaku usaha dalam mematuhi peraturan dan ketentuan Pemerintah yang berlaku.

Jenis Produk Jasa

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)

Layanan kajian ilmiah untuk menentukan dampak penting dari rencana kegiatan dan kelayakan lingkungan, sehingga dapat disusun sebuah rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup (RKL-RPL). Output penyusunan Dokumen AMDAL adalah Izin Lingkungan yang merupakan syarat dari perijinan selanjutnya.

Audit Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)

Jasa layanan pengukuran besarnya keberhasilan pelaksanaan dan penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang dilakukan oleh institusi/lembaga atau perusahaan.

Due Dilligence Tambang Mineral & Batubara

Jasa untuk menganalisa kelayakan dari segi legalitas, cadangan batubara dari perusahaan tambang supplier ke pihak buyer.

 

Inventarisasi Aset

Jasa inventarisasi aset meliputi kegiatan pencatatan, pengamanan, pendokumentasian dan pelaporan hasil pencatatan kepemilikan suatu aset untuk pengendalian, pengamanan, dan pengawasan.

Konsultansi dan Pelatihan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001

Layanan dalam membantu lembaga/perusahaan dalam menerapkan sistem manajemen lingkungan berdasarkan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 yang efektif dan efisien sebagai bentuk komitmen dan kepedulian manajemen terhadap kelestarian lingkungan.

 

Laboratorium Mineral dan Batubara

Jasa yang mampu memberikan kepastian atas kesesuaian barang, terutama dalam hal kualitas. Hal tersebut dapat dicapai antara lain dengan pengujian batubara dengan fasilitas laboratorium yang terpadu. Pengujian batubara dilakukan di dalam laboratorium baik di lokasi tambang maupun di kantor cabang terdekat dengan lokasi. Lab ini menerapkan sistem manajemen handal, dilengkapi dengan peralatan mutakhir dan didukung tenaga ahli yang berpengalaman.

 

Paramater dan standar uji yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Proximate (Moisture, Ash, Sulfur, Volatile Matter, Calorific Content)
  • Ultimate (Moisture, Ash, Aulfur, Carbon, Hydrogen, Nitrogen, Oxygen (by difference)).
  • Fusion Temperature of Ash
  • Free Swelling Index
  • Mineral Analysis of Ash
  • Trace Element Analysis
  • Forms of Sulfur
  • Hard Grove Grind Ability Index
  • Oxidation Index
  • Sieve Analysis/Size Analysis

Lembaga Sertifikasi Surveyor Indonesia Certification (SIC)

Berperan dalam penyelenggaraan proses sertifikasi dengan ruang lingkup pertambangan di seluruh daerah, dan ikut berperan didalam mensosialisasikan Kebijaksanaan Nasional mengenai standarisasi Internasional dan Nasional. Sertifikasi yang dapat dilakukan adalah Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 dan Sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan.

Unmanned Aerial Vehicle (UAV) - Drove Survey

Layanan jasa dengan mengikuti perkembangan teknologi yang ada dengan melakukan riset dan pengembangan teknologi UAV Drone untuk melakukan inspeksi berbasiskan teknologi drone. Salah satunya adalah LIDAR dan Foto Udara.

Manajemen Stockpile

Jasa untuk memastikan kualitas hasil batubara yang dihasilkan selalu baik, dengan melalui serangkaian proses dari lokasi pertambangan hingga tempat pengolahan dan penyimpanan yang baik. Kepatuhan terhadap peraturan aturan serta regulasi yang telah ditentukan juga merupakan faktor penting di dalamnya.

Manajemen stokpile bertujuan untuk mengatur economical stock balance, meminimalisasi lossess, menjaga kualitas batubara dan mengatur laporan stock yang akuntabel.

Pelatihan dan Pembinaan Kader Norma Ketenagakerjaan (KNK)

Jasa layanan pembinaan dan pelatihan Kader Norma Ketenagakerjaan yang diharapkan menjadi mitra bagi Pengawas Ketenagakerjaan sekaligus agen perubahan di perusahaan untuk membantu pengusaha dalam menerapkan norma ketenagakerjaan guna menciptakan tempat kerja yang produktif, kompetitif dan sejahtera.

Pelatihan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)

Jasa layanan dalam memberikan awareness dan tatacara penyusunan dan penerapan sistem manajemen K3 dalam upaya peningkatan produktifitas perusahaan, melindungi tenaga kerja dari resiko kecelakaan di tempat kerja, dan pemenuhan aspek regulasi.

Survei Explorasi Tambang Mineral & Batubara

Jasa yang memberikan dukungan inspeksi, survei, dan konsultansi terkait kualitas dan ketersediaan cadangan sumberdaya mineral sekaligus jasa untuk mengetahui  posisi, bentuk, kadar, dan volume cadangan dari sisi teknis dan  ekonomis  untuk  menentukan ke tahap eksploitasi.

  • Studi Kelayakan
  • Survei Geoteknik dan Geofisik
  • Survei Volumetrik

Verifikasi Ekspor Produk Mineral & Batubara

Jasa yang memastikan kebenaran dari kuantitas maupun kualitas dari hasil pertambangan mineral serta memastikan kesesuaiannya terhadap regulasi pemerintah, standar dan spesifikasi yang telah diacu.

Ruang lingkup pekerjaan inspeksi pada mineral pertambangan lazimnya mencakup pengecekan atas kualitas dan kuantitas produk untuk tujuan ekspor. Hal ini berlangsung dalam beberapa tahapan seperti kegiatan di lokasi tambang, pemrosesan maupun dalam proses pengiriman.

Apakah Anda membutuhkan informasi lebih lanjut?

Unduh e-flyer produk jasa PTSI untuk sektor industri ini.