FOLLOW US                                              

Harapkan Lab Mangrove International – PT Surveyor Indonesia Membantu Ruang Edukasi

(Balikpapan Tribun) Selain menjadi kawasan wisata yang mulai dikenal dunia international, Mangrove Center Graha Indah Balikpapan mulai meningkatkan fungsinya sebagai lokasi Pendidikan.

Hal inilah yang membuat inisiator Mangrove Center Agus Bei dan pengurus lainnya membangun Ruang Edukasi Mangrove terbuka di kawasan tersebut.  Ruang Edukasi Mangrove ini sendiri memiliki fungsi memberikan informasi dan edukasi kepada wisatawan, peneliti mangrove dan pegiat lingkungan tentang mangrove dan kegunaan tumbuhan tersebut.

Namun niat tersebut terkendala keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh kelompok masyarakat pengawas ini dalam membangun sebuah panggung terbuka berukuran 5×8 meter tersebut.  Dalam perjalanan pembangunannya dengan menggunakan biaya awal 28 juta rupiah membengkak menjadi dua kali lipat hingga mencapai angka 50 jutaan.  Hal ini membuat pembangunan rumah informasi mangrove terbuka menjadi tersendat.

Setelah berbagai cara ditempuh, akhirnya, Tim Mangrove Centre menemukan bantuan yang diberikan oleh PT Surveyor Indonesia yang merupakan salah satu BUMN yang beroperasi di Kaltim.  Tetapi hal ini bukanlah hal pertama yang dilakukan oleh PT Surveyor Indonesia.  Bantuan oleh perusahaan yang bergerak di bidang survey ini juga pernah diterima Mangrove Center pada tahun 2015 berupa 60 ribu bibit pohon mangrove.

Hal ini merupakan salah satu bentuk program CSR kami sebagai perusahaan yang beroperasi di Kaltim untuk menyisihkan sebagian keuntungan untuk lingkungan sekitar.  Apalagi seperti di Mangrove Centre ini dimana bantuan kami digunakan untuk kepentingan banyak orang, bukan hanya untuk Mangrove Centre sendiri,” kata Agung Fitrinugroho Kepala PT Surveyor Indonesia Balikpapan saat ditemui Tribun usai acara serah terima bantuan dari PT Surveyor Indonesia kepada Mangrove Centre Graha Indah Balikpapan, Kamis (30/11) yang juga dihadiri oleh kepala P3EK Kalimantan Tri Bangun Laksana dan Ketua Kadin Balikpapan Yaser Arafat, dan sejumlah pejabat pemerintah Kota Balikpapan.

Seperti diungkapkan oleh pria yang baru satu bulan menjabat kepala PT Surveyor Indonesia Balikpapan ini, meskipun perusahaannya bergerak di berbagai bidang survey tetapi salah satu bentuk usaha yang dijalankan adalah konsultan lingkungan.

Sebagai salah satu perusahaan yang juga menjalankan harapan Fitri kepada Mangrove Centre sendiri adalah Mangrove Center tidak hanya bagi penduduk sekitar atau nasional bisa bermanfaat, tetapi menjadi rujukan international untuk belajar mangrove di Graha.  “Bahkan kalau bisa Mangrove Center bisa menjadi laboratorium khusus mangrove dunia karena kawasan ini dibangun dengan learning by doing sehingga pegiat mangrove disini tidak hanya tahu tentang mangrove secara teori tapi handal di lapangan, Lanjut Fitri.

Sedangkan Inisiator Mangrove Centre mengucapkan  terimakasih kepada PT Surveyor Indonesia yang sudah kali kedua membantu Mangrove Centre Graha Indah, kami ucapkan terima kasih kepada PT Surveyor Indonesia dan tim yang sudah dua kali membantu kami. (Humas/Sn)