FOLLOW US                                              

Halalbihalal dan Pelantikan Pengurus Federasi Serikat Pekerja (FSP) Sinergi BUMN

Jakarta—Federasi Serikat Pekerja (FSP) Sinergi BUMN menyelenggarakan Halal Bihalal dan Pelantikan Kepengurusan FSP periode 2018-2022 di Graha Surveyor Indonesia, Rabu (25/07). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Komersial 1 PT Surveyor Indonesia Tri Widodo, Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Hubungan Industrial Kemnaker Republik Indonesia Aswansyah, Direktur Utama PT BKI Rudiyanto, Direktur Utama PT Mandiri Inhealth Iwan Pasila, serta Ketua Umum FSP Ahmad Irfan Nasution. Turut pula hadir perwakilan pengurus dari 36 anggota FSP Sinergi BUMN dari seluruh Indonesia.


FSP Sinergi BUMN adalah afiliasi dari 36 Serikat Pekerja di lingkungan BUMN. Didirikan pada tanggal 20 Maret 2014 di Surabaya, FSP Sinergi BUMN merupakan sebuah federasi dengan anggota terbanyak yang menerapkan sistem pendaftaran keanggotaan aktif-partisipatif, dimana setiap calon anggota diwajibkan untuk mendaftarkan diri, mengisi formulir serta membayar iuran.


Sistem keanggotan aktif-partisipatif menjadi hal yang vital karena saat ini marak terjadi klaim yang mengatasnamakan Serikat Pekerja BUMN untuk kepentingan kelompok tertentu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu verifikasi dan administrasi anggota menjadi hal penting bagi FSP Sinergi BUMN.


Tidak melulu berkutat untuk kepentingan anggotanya, FSP Sinergi BUMN merupakan salah satu dari sedikit Serikat Pekerja yang bisa terus aktif dan memberikan dampak positif di masyarakat. Kepengurusan FSP Sinergi BUMN kerap didapuk untuk menjadi mitra Kementerian Ketenagakerjaan dalam menyelenggarakan berbagai aktifitas baik di dalam maupun di luar Negeri.


Belum lama, FSP Sinergi BUMN diberikan kepercayaan untuk mewakili unsur pekerja dalam Workshop on Drafting “The Kuala Lumpur Declaration in Promoting Green Jobs for Equity and Inclusive Growth of ASEAN Community” bertempat di Kuala Lumpur 14-15 Desember 2017 yang dihadiri oleh seluruh delegasi dari unsur Tri Partit negara-negara ASEAN.


Disamping itu, FSP Sinergi BUMN juga menaruh minat dan perhatian terhadap kelestarian lingkungan. Alih-alih melakukan demonstrasi, para anggota FSP Sinergi BUMN melakukan aksi simpatik bersih-bersih sarana dan prasarana infrastruktur BUMN setiap tanggal 1 Mei (Mayday). “Isu-isu yang kami angkat tidak selalu isu terkait kesejahteraan pekerja untuk jangka pendek, akan tetapi lebih dari itu” ujarnya di sela-sela pidato.


Tri Widodo mengungkapkan kegembiraannya bisa menjadi tuan rumah dalam acara Pelantikan Pengurus FSP Sinergi BUMN. “Selamat dan sukses kepada ketua umum dan jajaran pengurus FSP yang baru” ungkap Tri Widodo dalam pidatonya.