FOLLOW US                                              

Forum Ekselen BUMN : Assessor Gathering tahun 2017

Untuk meningkatkan pengetahuan dan juga memperkuat ikatan para asesor, Forum Ekselen BUMN (FEB) mengadakan Assessor Gathering yang dilaksanakan di gedung baru Kantor Pusat PT Jasamarga.

Asesor adalah pihak eksternal atau pihak internal BUMN yang memiliki kapabilitas untuk menilai kinerja sebuah organisasi berbasis pada Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) BUMN. Saat ini telah terbentuk Lembaga Profesi Asesor Bisnis Ekselen Indonesia (LP ABEI) sebagai wadah bagi para asesor.

Forum Ekselen BUMN sendiri merupakan organisasi yang dibentuk sejak Februari 2003 dengan tujuan untuk membangun sinergi, komunikasi dan pembelajaran bagi elemen elemen BUMN dalam kerangka peningkatan kinerja dan daya saing BUMN sehingga BUMN-BUMN menjadi kuat, tangguh dan unggul baik ditingkat nasional, regional maupun global.

Assessor Gathering dihadiri oleh 127 asesor dari 40 BUMN, acara ini dibagi dalam 3 (tiga) stream masing-masing diisi oleh 3-4 Pemateri baik dari pengurus FEB dan LP ABEI. Beberapa tema yang disampaikan antara lain Intepretasi vs Skor, Key Theme dan Respon Aplikan, Peningkatan Profesionalisme Asesor, Etika dan Integritas Asesor serta KPKU Online Scorebank Solution (KOSS)

Pada akhir acara, Abdul Halim selaku Ketua LP ABEI menyampaikan beberapa poin kesimpulan antara lain perlunya dilakukan standarisasi kompetensi asesor, pengaturan jadwal asesmen agar tidak berbarengan dengan Audit Keuangan maupun Penilaian GCG yang biasanya dilakukan pada akhir tahun, Penilaian 360° bagi para asesor baik Lead maupun Member dan akan segera diluncurkan KOSS Poin-poin inilah yang nantinya juga akan dibahas dalam Rapat Kerja FEB yang akan dilakukan dalam waktu selanjutnya.

Mewakili PT Surveyor Indonesia, hadir sebagai asesor Rima Delita, anggota tim KPKU PT SI. Rima mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai wadah sharing pengalaman dari para asesor termasuk kendala yang dihadapi selama proses asesmen. Selain itu para asesor dapat memperoleh informasi terkait program kerja FEB baik yang sedang dilaksanakan maupun yang akan dilakukan antara lain yang terkait dengan peningkatan kompetensi dan profesionalisme asesor. (Humas/Sn)

Leave a Comment