FOLLOW US                                              

Direktur Utama PT Surveyor Indonesia Mengajar di Universitas Udayana

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Kementerian BUMN menyelenggarakan kegiatan “BUMN Hadir di Kampus”, serentak di 28 perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan kondisi perekonomian nasional dan peran BUMN, serta untuk meningkatkan link and match antara BUMN dan perguruan tinggi.
Dengan tema “Membangun Ekonomi Indonesia yang Berkeadilan”, BUMN Hadir di Kampus menerjunkan para pejabat eselon I Kementerian BUMN dan direktur utama BUMN untuk berdiskusi dengan civitas akademika dan para pakar dari perguruan tinggi. BUMN memandang, civitas akademika merupakan bagian penting dari generasi bangsa yang diharapkan mampu mengubah bangsa Indonesia menjadi lebih baik, adil, makmur dan sejahtera.

Pada kegiatan ini, Direktur Utama PT Surveyor Indonesia, M.Arif Zainuddin berkesempatan mengajar di Universitas Nusa Cendana. Dalam pemaparannya Ia menjelaskan mengenai 5 Tantangan Indonesia untuk Maju dan Berkembang. 5 hal tersebut adalah: Inequality Development di mana pembangunan belum merata antar daerah dan antar kota/desa sehingga kesenjangan yang diukur dalam GINI rasio masih tinggi. Yang kedua ketahanan energi dan pangan Indonesia masih sangat tergantung kepada impor migas dan pangan untuk masyarakat Indonesia sendiri, selanjutnya Infrastruktur dan Industri Dasar. Sampai saat ini masih banyak bahan baku industri yang harus impor sehingga infrastruktur dan manufaktur masih lemah daya saingnya, apalagi di dunia internasional.

Hal keempat, akses layanan keuangan yang jika dibandingkan negara lain, akses layanan keuangan masih kurang, termasuk
fasilitas kredit. Yang terakhir adalah sumberdaya manusia di mana volume sumberdaya manusia terbesar Indonesia di sektor non formal sehingga kualitas lebih rendah dari negara-negara lain secara regional.

Arif menyampaikan tantangan yang ada harus dijadikan semangat agar kita bisa lebih kuat menghadapi tantangan dan bisa keluar sebagai pemenang,” Tantangan yang ada harus membuat kita lebih kuat,” ujarnya. Dalam kegiatan tersebut Arif juga memberikan pertanyaan kepada mahasiswa seputar BUMN.

#BUMNHadirdiKampus
#SumpahPemuda