FOLLOW US                                              

BELA NEGARA BENTUK MENTALITAS JUARA

Cikole–PT Surveyor Indonesia (Persero) (PTSI) kembali menyelenggarakan pendidikan Bela Negara. Kali ini, pendidikan Bela Negara ditujukan kepada para insan Surveyor Indonesia yang baru diangkat menjadi pegawai tetap dengan total 49 peserta. Kegiatan yang bertujuan untuk membentuk karakter unggul ini diselenggarakan di Dodik Bela Negara Rindam III Siliwangi Cikole, Bandung selama 7 hari dari tanggal 16 – 22 September

Pagi selalu diawali dengan senam. “Senam ini selain untuk menyehatkan jasmani, juga berfungsi untuk menghilangkan dingin” ujar salah satu pelatih di sela-sela kegiatan.

Senam pagi bertujuan untuk penyegaran jasmani, sedangkan apel pagi berfungsi sebagai titik awal kegiatan hari. Pelatih akan menyampaikan menu pendidikan hari itu beserta hal-hal apa saja yang harus diperhatikan oleh peserta. Persiapan yang matang akan membantu peserta menyerap materi-materi yang disampaikan oleh para pelatih.

Konsentrasi penuh menjadi hal yang mutlak bagi para peserta saat menerima materi. Hal itu dikarenakan hampir semua materi yang diberikan bertempat di luar ruangan (outdoor). Selain itu, materi yang diberikan sangat menguras tenaga maupun pikiran. Sedikit kelalaian dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Berdiri tegap semenjak pagi sampai siang dalam latihan baris-berbaris, berjalan menembusi kawasan Hutan Cikole berkilo-kilo jauhnya, melintasi sungai deras dengan seutas tali, hingga bermalam di tengah hutan hanya dengan beratapkan bivak sederhana adalah bagian dari pendidikan yang harus dihadapi oleh peserta.

Aktivitas-aktivitas tersebut bertujuan untuk membentuk pribadi-pribadi yang unggul. Nilai-nilai seperti kerja sama, mampu bekerja di bawah tekanan, fokus terhadap tujuan, hingga semangat pantang menyerah diharapkan melekat pada setiap individu peserta pendidikan Bela Negara.