FOLLOW US                                              

Arif Zainuddin: Wujudkan One Nation, One Vision, One Family to Excellence!

Jakarta—Deputi Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN, Aloysius Kiik Ro didampingi Direktur Utama PT Surveyor Indonesia (Persero) M. Arif Zainuddin dan Direktur Perencanaan dan Pengembangan Dian M. Noer menjadi narasumber dalam acara Leader’s Talk (4/5/2018). Acara ini merupakan bagian dari Management Development Program yang telah berlangsung sejak tanggal 24 April 2018.

Dalam paparannya Aloy menekankan pentingnya menghimpun keluarga besar BUMN dalam satu kesatuan visi dan kinerja yang luar biasa demi terwujudnya kejayaan bangsa. Seperti tagline KBUMN yang saat ini banyak digaungkan yaitu, ” One Nation, One Vision, One Family to Excellence.”

One Nation artinya satu bangsa Indonesia, BUMN hadir dari Sabang sampai Merauke, produk dan jasa yang dihasilkan menyentuh setiap sendi kehidupan masyarakat Indonesia. Sementara itu, One Vision artinya mewujudkan visi Indonesia Incorporated. “Bagaimana lompatan- lompatan yang dibuat BUMN secara agregat memang mampu menjadi daya dorong pertumbuhan angka ekonomi Indonesia,” ujarnya. Di sisi lain, Aloy menambahkan bahwa BUMN tetap mengemban tugas “Hadir Untuk Negeri” yang bisa jadi tidak masuk secara ukuran bisnis.

Sementara itu, konsep One Family artinya bahwa sinergi adalah kunci. Bukan hanya bersinergi soal efisiensi biaya, tapi utamanya adalah peningkatan produktivitas dan penciptaan nilai, menghilangkan silo-silo dengan ukuran apapun, “Sehingga mampu lebih jeli melihat peluang sinergi yang bisa dilakukan, yang sifatnya ‘out of the box’ dan kekinian dengan revolusi industri 4.0 namun tetap mengedepankan komponen lokal baik tenaga kerja maupun bahan bakunya,” papar Aloy.

To excellence artinya bahwa ukuran-ukuran kinerja BUMN harus ditingkatkan. “Lebih banyak BUMN yang harus mendorong dirinya keluar dari zona nyaman, bukan hanya menjalankan bisnis seperti biasa, tapi bagaimana menjadi pemain di tingkat regional,” tegasnya. Diharapkan dengan berjalannya hal tersebut, BUMN dapat menjadi agen pembangunan dan penciptaan nilai bagi masyarakat.

Arif Zainuddin mengatakan bahwa menjadi pimpinan itu sulit. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama dengan semua pihak untuk mencapai kinerja perusahaan, “Bersama kita bisa,” tegasnya. Ia berharap calon pimpinan masa depan bisa menjalankan prinsip One Nation, One Vision, One Family to Excellence.