FOLLOW US                                              

SEKTOR BISNIS

Verifikasi Fasilitasi Perdagangan

Verifikasi fasilitasi perdagangan merupakan salah satu produk jasa unggulan sektor bisnis Penguatan Institusi dan Kelembagaan PT Surveyor Indonesia (Persero).

Dalam layanan ini, PTSI menyediakan pelayanan verifikasi yang transparan dan tidak memihak demi kepatuhan terhadap peraturan terkait kebijakan pemerintah.

PTSI memfasilitasi pemerintah dan industri dalam menerapkan kebijakan yang telah diatur, dengan melakukan verifikasi terhadap pemanfaatan fasilitas yang diberikan oleh Pemerintah.

Manfaat

  1. Memiliki hasil evaluasi secara menyeluruh terhadap barang modal, meliputi kondisi dan kelengkapannya,
  2. Mencegah potensi penyimpangan pemberian fasilitas (misal: Double Facilities, trader, Penyalahgunaan HS, Jumlah Impor melebihi kapasitas, dll)
  3. Memperoleh informasi mengenai jumlah, jenis, harga dan spesifikasi bahan baku yang diimpor dan produk yang dihasilkan serta nilai BM yang dibebaskan.
  4. Diperolehnya dan dan Informasi mengenai perkembangan Industri yang mencakup antara lain tumbuhnya Industri penunjang, investasi baru, kemampuan produksi industri, peningkatan ekspor, penjualan dalam negeri, penyerapan tenaga kerja.

Jenis Produk Jasa

  1. Verifikasi Pemeriksaan Impor Barang
  2. Verifikasi Barang Moda Bukan Baru (SHG)
  3. IJEPA, BMDTP
  4. Jasa Komersial Perdagangan

Ruang Lingkup Pemeriksaan

Ruang lingkup pemeriksaan adalah sebagaimana diatur dalam SK Menteri Perdagangan RI nomor 48/M-DAG/PER/12/2011 tanggal 29 Desember 2011. Inspeksi meliputi:

  1. Kelayakan pakai, layak dipakai/diperbaiki dan/atau dioperasikan kembali.
  2. Spesifikasi teknis.
  3. Keterangan jumlah dan nilai.
  4. Bukan scrap.

Selain layanan Verifikasi Fasilitasi Perdagangan, produk jasa unggulan sektor bisnis Penguatan Institusi dan Kelembagaan PT Surveyor Indonesia (Persero) lainnya ialah: