FOLLOW US                                              

INDUSTRI TERKAIT

Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, dan Perikanan

Industri ini diatur oleh sejumlah regulasi pemerintah, serta dituntut memenuhi standar kualitas lingkungan. Sementara tuntutan konsumen  produk pertanian, perkebunan, kehutanan, dan perikanan juga semakin tinggi, sehingga mereka membutuhkan jaminan keamanan dan kualitas di setiap proses.

PT Surveyor Indonesia (Persero) mampu memberikan layanan audit untuk memastikan terpenuhinya syarat dan sertifikasi internasional yang dibutuhkan, agar produk kehutanan asal Indonesia dapat diterima di pasar internasional.

Layanan PTSI akan memastikan bahwa produk yang dihasilkan memenuhi syarat regulasi dan/atau standar sehingga tidak membahayakan lingkungan hidup dan manusia/konsumen. Selain itu, PTSI juga dapat memastikan bahwa proses produksi dan proses pendukungnnya tidak menimbulkan resiko tinggi terhadap lingkungan hidup dan manusia/konsumen.

PTSI dapat menjadi mitra yang tepat bagi perusahaan dalam pemenuhan persyaratan regulasi, pasar, serta kepentingan peningkatan keamanan lingkungan hidup dan konsumen.

Produk Jasa Terkait

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)

Layanan kajian ilmiah untuk menentukan dampak penting dari rencana kegiatan dan kelayakan lingkungan, sehingga dapat disusun sebuah rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup (RKL-RPL). Output penyusunan Dokumen AMDAL adalah Izin Lingkungan yang merupakan syarat dari perijinan selanjutnya.

Good Manufacturing Practices (GMP)

Jasa layanan untuk menjamin integritas proses manufaktur produk makanan yang aman dan berkualitas serta kepatuhan terhadap peraturan keamanan pangan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan sebagai komitmen dari produsen.

Inspeksi Pra Pengapalan

Jasa layanan pra-pengapalan dalam pemeriksaan secara komprehensif baik dokumen maupun fisik berkaitan dengan kualitas, kuantitas, tarif impor, kelayakan impor atau kesesuaian berdasarkan regulasi yang berlaku.

Kajian Land Application

Layanan ini merupakan kajian pemanfaatan limbah cair untuk   dijadikan pupuk dan stimulan pertumbuhan kebun kelapa sawit. Output kajian tersebut adalah Izin Pemanfaatan Limbah Cair.

Kajian Pembuangan Air Limbah

Layanan ini merupakan kajian ZID (Zona of Initial Dilution) yang menganalisis pergerakan limbah cair sesudah sampai di perairan terbuka (sungai atau laut), berdasarkan data arus, pasang surut, kedalaman perairan serta dampak  yang ditimbulkan terhadap ekosistem perairan. Output dari KPAL adalah Izin Pembuangan Limbah Cair (IPLC).

Konsultansi dan Pelatihan Sistem Manajemen Keselamatan OHSAS 18001

Layanan dalam membantu lembaga/perusahaan dalam menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja OHSAS 18001 yang efektif dan efisien sebagai bentuk komitmen dan kepedulian manajemen terhadap K3 serta memperbaiki kinerja dan citra lembaga/perusahaan.

Konsultansi dan Pelatihan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001

Layanan dalam membantu lembaga/perusahaan dalam menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 yang efektif dan efisien sebagai bentuk komitmen dan kepedulian manajemen terhadap mutu produk yang dihasilkan.

Konsultansi dan Pelatihan Sistem Manajemen Risiko ISO 31000

Layanan dalam membantu lembaga/perusahaan dalam menerapkan sistem manajemen resiko ISO 31000 yang efektif dan efisien sebagai bentuk komitmen dan kepedulian manajemen dalam usaha memberikan jaminan terhadap pencapaian sasaran perusahaan.

Konsultansi dan Pelatihan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001

Layanan dalam membantu lembaga/perusahaan dalam menerapkan sistem manajemen lingkungan berdasarkan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 yang efektif dan efisien sebagai bentuk komitmen dan kepedulian manajemen terhadap kelestarian lingkungan.

Konsultansi Indonesian Sustainable Palm Oil System (ISPO)

Jasa layanan dalam membantu perkebunan kelapa sawit dalam mempersiapkan, mengimplementasikan dan mendapatkan sertifikat ISPO, sistem yang dipersyaratkan dalam Peraturan Menteri Pertanian No. 19 tahun 2011 tentang Pembangunan Perkebunan Sawit Berkelanjutan (Indonesian Sustainable Palm Oil ISPO).

Laboratorium Lingkungan

Jasa layanan dalam melakukan monitoring kualitas lingkungan melalui proses pengujian dengan peralatan yang modern, sumber daya manusia yang berpengalaman dibidangnya dan menerapkan system manajemen mutu sesuai standar internasional dan mengacu pada ISO/IEC 17025: 2008. Paramater dan standar uji yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pengujian kualitas air/air limbah
  • Pengujian kesuburan tanah
  • Pengujian Kualitas udara
  • Pengujian Microbiologi
  • Pengujian Sedimen/Tanah
  • Pengujian/analisa toksisitas limbah logam
  • TCLP (Toxicity Characteristic Leaching Procedure) dengan metoda EPA dan prediksi pembentukan air asam basa/acid base accounting maupun metoda kinetik

Manajemen Rantai Pasok Produk Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan

Jasa layanan dalam mengintegrasi, mengkoordinasi dan mengontrol proses rantai pasok produk konsumen dan retail agar proses tersebut dapat dilakukan secara efektif dan efisien untuk memaksimalkan nilai yang bisa didapatkan oleh konsumen serta untuk mencapai suatu keuntungan yang berkelanjutan.

  • Quality & Quantity Distribusi Produk
  • Good Retailer Product (GRP)
  • Food Traceability and Recall
  • Pengujian Makanan dan Minuman
  • Stock Monitoring
  • Labeling

Pemantauan Lingkungan

Merupakan  kegiatan  penyusunan  pelaporan pelaksanaan  RKL-RPL yang  dilakukan secara berkala per semester. Kegiatan tersebut merupakan self audit yang menganalisis penataan, tingkat kritis, dan kecenderungan.

Studi Kelayakan

Studi kelayakan merupakan kajian untuk menentukan kelayakan dari berbagai aspek, baik aspek legalitas, aspek teknis, pemasaran, sosial ekonomi, dan keuangan serta kelayakan lingkungan hidup. Hasil studi kelayakan adalah rekomendasi apakah rencana pembangunan perkebunan akan dijalankan, ditunda, atau dibatalkan.

Survei Topografi

Jasa survei untuk menentukan konfigurasi medan (terrain) yang bertujuan untuk menentukan posisi berbagai bentuk yang berbeda di permukaan bumi, letak ketinggian (elevasi) dengan berpedoman pada permukaan air laut (mean  sea  level) dan menentukan relief permukaan tanah berserta benda-benda yang ada di permukaan tanah.

Survei topografi sangat bermanfaat dalam perencanaan areal perkebunan, terutama dalam perencanaan infrastruktur dan tata ruang perkebunan.

Survei Udara

Jasa survei udara perkebunan biasanya dilakukan untuk kepentingan survei dan pemantauan, perhitungan tanaman, pengawasan lahan properti, penaksiran kondisi jalan, dan pemodelan 3D. Survei udara untuk aset dapat diperoleh informasi lengkap mengenai tata ruang kebun, peta blok, peta kontur, peta sensus, peta tata guna lahan, dan potensi masalah sosial sekitar kebun.